ESSAI : Objek Wisata Penangkaran Rusa Api-Api

0

ESSAI

Objek Wisata Penangkaran Rusa Api-Api

                                                     

sma1

  Ahmad Rizqi Adhmi

NIS 1848

XI MIPA-1

 

SMA NEGERI 10 SAMARINDA

2016

Menulis Essai

Tema   : Ekowisata Daerah

Judul   : Objek Wisata Penangkaran Rusa Api-Api

 

Keragaman Hayati Kalimantan

            Kalimantan sudah dikenal dengan keragaman hayati yang sangat beragam. Mulai dari flora hingga faunanya. Kalimantan juga dikenal sebagai paru-paru dunia, selain Papua, karena hutannya yang sangat luas. Menurut data Departemen Kehutanan, luas hutan kalimantan mencapai 40,8 juta hektare pada tahun 2000. Namun, karena deforestasi yang sangat laju, pada tahun 2010 hutan kalimantan hanya tersisa 25,5 juta hektare menurut data dari Greenpeace.

            Selain hutannya yang luas, Kalimantan juga banyak memiliki hewan endemik, yang artinya hanya ada di Kalmantan. Seperti Orang utan kalimantan, Burung enggang, Bekantan, dan Rusa sambar. Masih banyak fauna selain contoh tersebut yang menambah keberagaman hayati di Kalimantan.

            Namun, hewan-hewan tersebut sekarang sudah jarang ditemukan karena jumlahnya yang sangat sedikit. Hal itu terjadi karena deforestasi hutan yang sangat laju serta pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit yang menyebabkan luas hutan yang semakin menurun. Hewan-hewan tersebut harus pindah mencari habitat yang baru, sehingga ada yang mati kelaparan dalam perjalanan.

            Ditambah lagi dengan adanya perburuan liar satwa langka untuk kepentingan komersial. Hal ini sangat berpengaruh besar dalam kelestarian satwa endemik di Kalimantan. Banyak satwa endemik yang sekarang berada pada status langkan, seperti Orang utan kalimantan dan Pesut mahakam.

Latar Belakang Pembangunan Penangkaran Rusa Api-Api

            Penajam Paser Utara adalah salah satu Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur. Penajam Paser Utara juga banyak memiliki jenis flora dan fauna yang beragam. Contohnya adalah Rusa sambas. Rusa sambas (Cervus unicolor brookei) merupakan salah satu spesies rusa terbesar di dunia. Sayangnya, jumlah populasi hewan ini sudah mulai berkurang karena perburuan liar.

            Pada tahun 2002, menurut Dinas Peternakan Penajam Paser Utara, sekitar 7000 ekor rusa atau 524,5 ton setara diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan komersil dan dikomsumsi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap penurunan jumlah populasi Rusa sambas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

            Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan punahnya rusa di Kalimantan Timur umumnya dan Kabupaten Penajam Paser Utara khususnya, dan jika dilihat dari ekonomi peternakan jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat besar.

            Rusa merupakan jenis ternak yang mempunyai potensi ekonomi tinggi, karena hampir seluruh bagian tubuh bisa dimanfaatkan, antara lain daging sebagai  sumber protein, tanduk muda (velvet) sebagai bahan baku obat tradisional, tanduk tua (antler) sebagai bahan industri, serta kulit sebagai bahan baku industri penyamakan kulit. Potensi produksi daging dengan persense karkas 56-58% dibandingkan dengan sapi yang hanya 51-55% dan domba 44-50% (Semiadi, G. 1998). Daging rusa yang disebut venison, dikenal karena rendah kandungan kolestrol dan lemak, selain dari sifat dagignya yang empuk, rasa yang spesifik (gamey flavour) dan rendah kalori. Hal inilah yang dicari oleh para konsumen tingkat menengah keatas dimasa ini.

Ternak Kalori (kkal) Lemak (gram) Kolesterol (mg) Protein (gram)
Rusa merah 159 3,30 66 25
Sapi potong 214 9,76 92 31
Babi 219 10,64 101 29
Domba 178 7,62 83 25
Ayam 159 3,42 83 31
Kalkun 154 3,45 68 29
Ikan salmon 138 5,75 39 20

Sumber : Semiadi, G. Budidaya Rusa Tropika Sebagai Hewan Ternak, 1998.

Melihat potensi tersebut, ternak rusa mempunyai prospek yang menarik untuk dikembangkan sebagai komoditi unggulan baru di Kabupaten Penajam Paser Utara pada bidang peternakan kemudian bisa diusahakan ke arah agribisnis dan agroindustri bahkan sangat dimungkinkan untuk dikembangkan ke arah pengembangan agrowisata sebagai salah satu obyek wisata baru di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dimulailah pembangunan Objek Wisata ini pada tahun 2004.

Lokasi Penangkaran Rusa Api-Api

Pusat Penangkaran Rusa berlokasi di Desa Api-Api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, berjarak ± 150 km dari Kota Samarinda atau ± 4,5 jam perjalan darat. Untuk menuju lokasi Pusat penangkaran Rusa yang terletak di Desa Api-Api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara dan dikelola oleh Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur ini, dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 45 menit, karena jarak laokasi tersebut dari arah pelabuhan Feri Penajam hanya sekitar 32 kilometer.

Apabila anda dari luar kota daerah dengan transportasi udara, maka setibanya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan anda dapat mencarter mobil dengan tarif yang sangat bervariasi, tergagung negosiasi. Tapi apabila anda ingin menggunakan transportasi umum, maka langsung saja menggunakan taksi bandara dengan tujuan pelabuhan Semayang Balikpapan. Di pelabuhan ini anda dapat menumpang speedboad umum dengan tujuan Penajam.

katakan peta!

Letak Geografis Penangkaran Rusa

Lokasi Pusat Penangkaran Rusa ini berada pada ketinggian 5 hingga 80 meter diatas permukaan laut. Sementara kondisi Topografinya berbukit-bukit dengan kemiringan 5 sampai 10 %. Tempat ini khas dengan pegunungan yang berbukit-bukit hijau yang nyaman untuk dipandang.

Tempat penangkaran rusa berada pada pagar dalam yang dibentuk paddock-paddock (kandang). Ada 9 buah paddock, terdiri dari satu buah paddock besar seluas 2 Ha, tiga paddock sedang seluas 9 Ha sampai 16 Ha, lima paddock kecil serta empat holding paddock. Kondisi tanah pada areal paddock tergolong tanah asam dengan PH 4,3.

Habitat

Sampai saat ini di Pusat Penangkaran Rusa Desa Api-api Kecamatan Waru terdapat 4 habitat, yaitu:

  1. Rusa Sambar, dengan jumlah 136 ekor.
  2. Kambing dengan jumlah 35 ekor.
  3. Sapi jantan 15 ekor, betina sejumlah 25 ekor.
  4. Ayam Buras & Kampung sejumlah 600 ekor.

Jadilah Seperti Berlian

0

Apakah Anda termasuk pengagum berlian? Kemilaunya selalu indah dan menggoda mata. Kehalusan detail lekuk yang muncul membuat berlian semakin menarik jika dilihat. Dan untuk menjadi sebuah berlian yang menarik ada suatu proses yang sering kali luput dari perhatian banyak orang. Padahal proses tersebut sangat penting, dan bisa dibilang hal yang paling penting karena tanpa proses itu berlian tak kan indah dan berharga di mata semua orang.

Jika saja berlian hanya berbentuk batu yang tak beraturan dan tak berkilau, apakah Anda masih akan memamerkannya pada teman-teman Anda? Apakah di atas cincin pernikahan ditahtakan berlian sebagai lambang keabadian? Tentunya tidak akan demikian. Berlian berawal dari sebuah batu yang bentuknya sangat tidak beraturan, banyak bagian tajam. Namun kemudian para pengrajin membentuknya sedemikian rupa, menggosoknya agar berkilau. Melalui proses penempaan yang cukup lama dan berat untuk menjadi sebuah berlian yang cantik dan berharga.

Demikian juga kita, yang juga mengalami berbagai proses di dalam hidup. Berawal dari seseorang yang tidak tahu, mengalami berbagai hal sedih dan bahagia, dari situ kita menjadi tahu dan mendapatkan pengalaman baru. Proses itu berulang di dalam keseharian kita, hanya kejadiannya saja yang tidak pernah sama. Namun kita seperti batu yang ditempa untuk menjadi berlian.

Saat ini mungkin kita sedang dalam kondisi yang buruk, nilai rapor jelek, serba jelek lah. Tak banyak teman yang dapat membantu, sedangkan yang lain hanya datang ketika kita berbahagia. Belum lagi tugas-tugas dan pr yang menambah kesibukan kita membawa oleh-oleh demam dan flu, sehingga hidup kita tidak bisa maksimal.

Lelah memang menghadapi kondisi semacam itu, namun jangan pernah lupa. Sebuah berlian melewati proses yang hampir sama buruknya dengan kita. Tak dengan mudah berlian menjadi dikenal dan digandrungi semua orang. Jika dipikir sekali lagi, berlian hanyalah batu biasa yang menjadi istimewa karena ditempa dan diasah sehingga berkilau dan indah. Begitu juga kita, yang tak jauh beda dengan berlian, jika ingin menjadi seseorang yang sukses, banyak hal harus kita lalui terlebih dahulu. Barulah kita bisa menjadi seperti berlian, berkilau dan dicintai banyak orang…

Bensin

0

Gue punya cerita nih broo.. “Real Story” wkwkw, baru kejadian nih. Ini cerita gue sama temen gue pas mau ke warnet tadi. gini nih ceritanya

Gue : ya elah kampret, pake mogok segala nich motor,,
Jef, lo aja ya yg beli bensin di SPBU sana?

Jefri : kenapa harus gue, napa ga kita dorong aje ni
motor kesana?

Gue : capek gue Jef, lo aja yg beli, pinjem botol atau
kresek di warung samping SPBU itu aja

Jefri : oke deh..

Jefri pun pergi ke SPBU beli bensin, beberapa saat
kemudian balik lagi..

Jefri : di SPBU nya ga ada jual bensin bro..

Gue : yakin lo?

Jefri : yakin banget bro.. Gue liat tulisan di SPBU cuman
jual PREMIUM, SOLAR ama PERTAMAX.. Ga ada BENSIN..

Gue : ya udah lah, mungkin udah abis, yuk kita cari di
SPBU yg lain aja..

(-_-“) Hadeeuh… Yang bego siapa sih ….

Wakakakakakakakakakaka

Itu cerita gue, mana cerita lo??

Menjadikan Bulan sebagai Sumber Energi Utama di Bumi

0

Sebuah perusahaan besar di Jepang memiliki ide menarik untuk memenuhi kebutuhan energi di bumi, dengan mendirikan stasiun tenaga surya di Bulan.

Salah satu perusahaan terbesar, dan tertua yang bergerak di bidang arsitektur, dan konstruksi di Jepang, Shimizu, menyatakan rencananya untuk mengatasi masalah energi di bumi. Projek mereka adalah memasang sabuk raksasa berupa Panel Surya di sekeliling bulan, dimana hal itu akan membuat satu – satunya satelit bumi ini menjadi pembangkit listrik raksasa.

Panel penangkap energi surya yang akan dipasang tersebut akan menutupi area sebesar 400 km, dan akan mentransfer energi yang dihasilkan itu ke Bumi dengan sinar laser, atau dengan gelombang pendek. Energi tersebut nantinya akan diterima oleh stasiun di Bumi, dan selanjutnya akan dibuat menjadi sumber daya energi berkelanjutan. Hal ini dapat direalisasikan dikarenakan tidak ada cuaca buruk di bulan, ataupun hal yang dapat menganggu lainnya.

Ide perusahaan Jepang ini adalah untuk menempatkan beton yang ditutupi dengan panel surya di sepanjang ekuator Bulan, yang memiliki panjang 11.000 km, dan lebar 400 km. Hal itulah yang membuat projek ini bernama “Luna Ring” ( Cincin Bulan ).

Pada saat yang sama, perusahaan tersebut juga berencana untuk mengeksploitasi sumber daya yang ada di bulan. Beton bersama dengan beberapa bahan lain seperti keramik, dan kaca. Bahkan oksigen, dan air juga dapat diproduksi dengan bahan – bahan yang tersedia di bulan.

Eksekutif perushaan mengklaim bahwa pembangunan stasiun tenaga surya di Bulan dapat dimulai pada awal tahun 2035, dan akan dilakukan sepenuhnya oleh robot. Kendati demikian, masih belum jelas berapa banyak dana, dan sumber daya konstruksi yang dibutuhkan, hal ini dikarenkan tidak pernah ada yang pernah mencoba untuk membangun sebuah strukur dengan skala ini, dan jarak yang jauh seperti itu.

Walau hampir terlihat mustahil, Shimizu cukup optimis tentang proyek futuristik, dengan menyatakan bahwa sumber energi ini hampir tidak mungkin habis, tidak ada polusi, dan sumber utama energi yang hijau. Mereka percaya jika berhasil sumber energi ini akan membawa kesejahteraan bagi alam serta kehidupan kita.

 

sumber: bola cgo di google+

Heboh! Kodok hijau di BBM

0
 wkwkw… sekarang saya akan memabahas fenomena unik di media sosial. fenomena ini sangat unik yaitu tentang kodok hijau yang sering muncul di DP BBM
Fenomena heboh yang 2 hari ini diranah sosial media adalah perihal kodok hijau atau kodok ijo kacamata yang menghiasi DP BBM dan merambah ke semua DP Sosial Media lainnya. Ternyata menurut berbagai sumber yang kita dapat dari tanya temen dan cari cari tahu ternyata itu berawal dari broadcast bbm yang menjadi viral kata kata dari gamesnya seperti ini :
Maaf BC, break dulu bentar,
Let’s play a game.
Kalo misalnya kamu salah jawab, kamu harus ganti dp kamu sama dp kodok ijo selama 24 jam. Liat gimana serunya pas kamu liat di seluruh contact bbm kamu dp mereka jadi kodok ijo semua. Jadi game-nya adalah….
Pertanyaan : ” ada seekor kodok hijau yang masih tidur pas jam 7 pagi, eh ada yang ngetok pintu kamar-nya sebanyak 7 kali. Dan Tadaa! Itu temen si kodok yang mau buatin surprise sarapan pagi berupa beberapa kotak-kotak kado berisi makanan-makanan kesukaan si kodok. tujuannya sih mau makan bareng gitu. Disana ada nuttela, keju, cokelat, roti dan nasi goreng, susu, dan lalat hidup. Menurut kamu, apa yang harus di buka duluan oleh si kodok?
Hayoo, ini gampang loh. Tapi masih aja ada yang salah ngejawab. Kalo kamu salah jawab, aku bakal kasih kamu dp kodok ijo dan kamu harus ganti dp dengan itu. mau ikut bermain. Ga ikut main berarti mentalny lemah nih =D.
Dari soal diatas yang kalah dan gak bisa jawab pada pake DP Kodok Hijau atau Kodok Ijo Kacamata itu. Emang dari segi gambar emang gambar kodoknya lucu sih. Dan pertanyaan itu pertanyaan psikologis jawabanya belum ada yang pasti benar karena itu ketika kita jawab benar dengan “pintu” atau “buka mata” pasti akan tetap disalahkan sehingga kita harus kena hukuman menggunakan DP itu. Dan karena viral kekinian jadi yang gak tahu permasalahan awal dari mana pun ikut ikutan ganti DP jadinya seperti saat ini semua pake DP BBM Kodok Ijo Kacamata. Namun sampai saat ini belum tahu yang bener bener pertama mengirim broadcast BBM itu.
WKWKWKWKW>>

Don’t Judge a Book by It’s Cover

0

 

Adolf-Hitler_Facist-Ruler_HD_768x432-16x9

Banyak orang yang menilai orang hanya berdasarkan tampilannya saja. Saya pernah merasakan hal seperti itu ketika saya pertama masuk di SMA Negeri 10 Samarinda. Teman-teman saya meremehkan saya (jadi curhat wkwkw). Oleh sebab itu, saya akan mengisahkan suatu kisah tentang hal ini..

Jika Anda mengenal seorang wanita yang sedang hamil, dan telah mempunyai 8 orang anak, tiga diantaranya tuli, dua buta, satu mengalami gangguan mental dan wanita itu sendiri mengidap sipilis, apakah Anda akan menyarankannya untuk mengg*gurkan kandungannya?

Jika Anda menjawab ya, maka Anda baru saja membunuh salah satu komponis masyhur dunia. Karena anak yang dikandung oleh sang ibu tersebut adalah Ludwig Van Beethoven.

Sekarang adalah saatnya memilih pemimpin dunia dan keputusan Anda berpengaruh besar terhadap siapa yang akan menjadi pemenang. Berikut adalah fakta mengenai ketiga calon tersebut.

Calon A: dihubung-hubungkan dengan politisi jahat dan sering berkonsultasi dengan astrologis, punya dua istri muda, dia juga seorang perokok berat dan peminum 8 – 10 botol martini setiap hari.

Calon B: dipecat dua kali dari kantor dan selalu bangun sore hari, pernah memakai narkoba waktu kuliah dan minum wiski setiap sore hari.

Calon C: dianggap sebagai pahlawan perang, vegetarian, tidak merokok, hanya sesekali minum bir, tidak pernah berselingkuh diluar perkawinannya.

Siapa diantara ketiga orang ini yang akan anda pilih? Mungkin anda tidak akan pernah menduga, siapa sebenarnya calon-calon ini:

Calon A adalah Franklin D Roosevelt
Calon B adalah Winston Churchill
Calon C adalah Adolf Hitler

Sekali lagi sejarah mengajarkan untuk tidak melihat dan menilai seseorang dari penampilan.

So… DON’T JUDGE A BOOK BY ITS COVER!!

Education is right or privilege?

0

Education as a civilizing essence, should not be stopped. Moreover, strategic basic education in the future begin to build the physical, psychological, and character of the child. Therefore, for children, basic education must continue to be held, in any situation, and however.
Education is a basic right for all children, even for any situation. Because it is the foundation for lifelong learning and human development. Constitutionally, the right to education has been guaranteed in Pasal 31 UUDc1945.
One of the groups of children are denied the right of education are girls. Girls, often experience discrimination in education. An estimated two per thirds of the girls on 100 million children do not have a basic education.
Little of girls is acquire the right to education because of customs, early marriage, lack of money and school facilities .. In Bolivia, girls tended first uprooted from school because of her family obligations burdened, or helping his mother worked.
The right to education on an equal basis, also in line with the principle of non-discrimination in all its forms (race, color, sex, religion, politics and opinion, social origin, property, birth, or other status)
So, education is the right of every human being. Be it men, women, old, young, rich, poor, employed, unemployed, and others.